Terima Kasih Kadonya Frezh Motionz!

Happy Independence Day, Indonesia!’

’70 Tahun Indonesia!’

‘Dirgahayu Indonesia!’

 

Seperti biasa, setiap kalender berhenti di tanggal 17 Agustus tiap tahunnya ucapan-ucapan semacam itu berseliweran dimana-mana, mulai dari gapura di perkampungan hingga lini masa Path dan Instagram, lengkap dengan berbagai atribut berwarna merah putih tentunya.

Begitu pun halnya yang terjadi pagi ini, 17 Agustus 2015, semua orang seakan berlomba untuk mengucapkan ucapan selamat kepada Indonesia atas perayaan ulang tahun kemerdekaan yang ke-70. Bagi sebagian orang mungkin ulang tahun kemerdekaan tahun ini tidak ada bedanya dengan tahun-tahun sebelumnya, hanya seremonial dan selebrasi rutin tahunan, jika ada yang berubah paling hanya angka yang menunjukkan berapa lama negara ini sudah merdeka (plus di tahun ini, secara mengejutkan, desain logo 70 Tahun Indonesia yang mengalami perubahan drastis dan menyegarkan setelah memakai logo dengan template yang sama pada tahun-tahun sebelumnya) dan semakin hilangnya lomba balap karung dan makan kerupuk. Tapi tidak bagi Bboyindo dan bboy scene di Indonesia. Ulang tahun kemerdekaan Indonesia tahun ini terasa berbeda karena hadirnya sebuah kado spesial. Apalah artinya ulang tahun tanpa kado?

Kado itu datang dari Frezh Motionz yang pada tiga hari sebelumnya bertolak ke Singapura untuk berkompetisi di ajang Battle Of The Year SEA dan Freestyle Session SEA. Frezh Motionz menjadi representasi Indonesia di ajang Battle Of The Year SEA setelah memenangi Battle Of The Year 2015 Indonesia beberapa waktu lalu. Frezh Motionz berhasil menempati peringkat 3 di fase showcase sebelum akhirnya terhenti di semifinal oleh Good Morning Vietnam. Sehari sesudahnya Frezh Motionz mengikuti Freestyle Session SEA dan melaju hingga babak puncak. Di final Frezh Motionz, dengan formasi Katch – Zeroski – Wild Son, melakukan revenge dengan menyudahi perlawanan Good Morning Vietnam dan menyabet gelar juara Freestyle Session SEA. Gelar juara yang menjadi kado sempurna untuk dibawa pulang ke tanah air bertepatan dengan perayaan ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Gelar juara yang menjadi kado dari Frezh Motionz untuk skena bboy di Indonesia sekaligus mengukir nama mereka sebagai crew pertama dari Indonesia yang menjuarai Freestyle Session, salah satu ajang paling bergengsi dan bersejarah di dunia. Seandainya Ir.Soekarno masih hidup dan bertanya pada Frezh Motionz: ‘Apa yang sudah kamu berikan pada negaramu?’ rasanya kita semua tahu apa jawaban mereka.

 

Setelah memenangi Freestyle Session SEA Frezh Motionz akan berkompetisi di Freestyle Session Japan pada 20 dan 21 September mendatang. Berkompetisi di Freestyle Session dan pergi ke Jepang mungkin adalah dua hal yang menjadi mimpi hampir semua bboy dan bgirl di Indonesia. Frezh Motionz telah membuktikan bahwa mimpi bukan hanya sekedar mimpi tapi bisa menjadi nyata. Bukan hal yang mudah tentunya. Kerja keras, konsistensi, niat yang kuat dan keberanian hanya sebagian dari hal-hal yang sudah mereka pahami dan lakukan untuk mencapai levelnya yang sekarang. Tanpa itu semua (bila mereka hanya duduk-duduk di rumah dan nonton Youtube, misalnya) mustahil rasanya mereka bisa meraih semua pencapaian dan prestasi seperti hingga hari ini, karena seperti bunyi kutipan yang terkenal itu: Your dream is free but the hustle is sold separately. (ryt)